Jumat, 03 Februari 2012

Kopling Great Corolla


Berikut disarikan artikel tentang kopling great corolla yang berasal dari www.bengkelgratis.com
Selamat pagi Bapak, perkenalkan saya Christian dari solo, kurang lebih 6 bulan ini saya selalu mengikuti tulisan Bapak di Suara Merdeka. Sebulan yg lalu saya mulai memakai Great Corolla 95 (sebelumnya Accord Maestro). Perkenankan saya untuk bertanya beberapa hal, terkait dengan kopling :
1. Great Corolla menggunakan jenis kopling apa, jenis mekanis atau hidrolis ?
2. Saat ini kopling terasa agak berat injakannya, tetapi perpindahan gigi sama sekali
tidak ada masalah (halus/lancar), apakah ini indikasi harus ganti plat kopling ?
3. Apakah pedal kopling bisa distel tingkat kekerasannya ?
4. Bila kondisi ini tidak saya perbaiki segera, kira kira bisa bertahan berapa lama lagi
dan seberapa besar resiko kerusakan yg mungkin timbul ?
5. Jika memang harus ganti, apakah penggantian harus satu set lengkap termasuk
matahari, laher, master atas & bawah juga ?
6. Bilamana saatnya harus penggantian satu set komplit tetapi saya hanya mengganti
secara parsial, resiko apakah yg mungkin timbul ?
Terima kasih atas penjelasan yang Bapak berikan, mohon maaf pertanyaan saya
seperti tembakan dari senapan mesin. 
Jawab:
  1. Jenis kopling pada Great Corolla menggunakan sisyim hidrolik, artinya pemindahan daja dari tekanan kaki sampai ke kopling menggunakan minya. Sekarang hampir semua mobil menggunakan sistim ini.
  2. Kalau injakan kaki terasa berat umumnya disebabkan oleh clutch cover (matahari) sudah tidak elastic lagi, ibarat karet tidak kenyal lagi. Jadi mesti ganti karena bagian ini tidak bisa diperbaiki.
  3. Pedal kopling tidak bisa mengurangi tingkat kekerasan, hanya mengurangi angkatan kaki saja. Jarak angkatan sampai mobil bergerak.
  4. Resiko kerusakan jangka pendek sih tidak ada, hanya semakin lama semakin pegal saja, finalnya memindahkan gigi menjadi sulit.
  5. Benar, kalau ganti sebaiknya sekali membongkar, hendaknya mengganti semua bagian di kopling. Pilot bearing, plat kopling, clutch cover, release bearing karena bagian bagian itu sudah bekerja sama lamanya.
Penggantian bagian kopling umumnya antara 80.000 km sampai 100.000 km tergantung wilayah macet. Kalau Jakarta sebih singkat, karena sering injak dan lepas, berbeda dengan di Magelang atau Solo.

Yth Bp Martin
terimakasih atas perkenan Bapak menjawab pertanyaan2 saya, mohon maaf sekali lagi saya ingin mendapatkan penegasan ulang.
jadi kalo saat ini perpindahan gigi masih alus tanpa getaran & bunyi2, berarti saya masih memiliki waktu beberapa saat sebelum harus mengganti satu set komplit (plat kopling, matahari & laher) ? dengan kata lain belum harus ganti sekarang ?
terimakasih
Jawab:
Tidak tergantung berapa lama, tetapi nyamannya kopling tergantung berapa jauh jarak tempuh. Kalau sekarang masih lunah dan pengisian gigi tidak masalah, saya pikir kondisinya masih bagus. Gejala pertama biasanya lepas kopling bergetar, paling parah mesin mutas, kopling sudah lepas tetapi mobil tidak mau beranjak. Ini namanya kopling slip.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon info sebenarnya fan radiator great corolla pada prinsipnya pada saat start kontak langsung nyala atau tidak yah?thank infonya soalnya punya saya great corolla thn 93 tidak nyala, mohon solusinya

Yanuar mengatakan...

Sy pnya kmrn ke bengkel ac trnyata menurut dia untuk fan pada saat kontak on nyala tp pelan pada saat panas akan nyala kenceng punya saya disetting sprti itu

Dhomas mengatakan...

Adakah bearing kopling mobil lain yg bisa subtitusi buat great corolla ?
Mohon info

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles